Jumat, 26 September 2014

Kesimpulan Materi SEMINAR ANAK "Mengoptimalkan Perkembangan Kecerdasan Anak Pada Masa Golden Years" - 11 April 2010 -



Ruang bermain STABITHA yang tak terlalu besar, riuh seketika ketika moderator memulai sesi tanya jawab... ternyata byk sekali permasalahan2 yg dialami oleh bunda2 dan juga para guru yang hadir saat itu.
Mereka sangat antusias dengan paparan materi yang di sampaikan oleh konsultan pendidikan kita Bunda NURFAHMA YANI/bunda Fahma (penganti Bunda Leni yg sedang sakit). Wlu nama beliau belum banyak yang kenal, tapi subhanallaah, penyampaian materinya luaar biasa, sederhana, mudah di mengerti dan sangat realita sehingg para bunda dapat mempraktekan langsung pada anak2 kita.

Ada beberapa hal, prinsip dasar yang beliau tekankan pada kita para bunda dalam mengasuh anak2 kita agar perkembangan kecerdasan mereka dapat berjalan optimal adalah :

1. Cinta
Semua yg kita lakukan untuk anak kita lakukanlah dengan CINTA…krn inilah kunci terbuka lebarnya hati & pikiran (syaraf2 otak) anak dalam menangkap apa saja yg ingin kita sampaikan pada mereka.
Bentuk ungkapan cinta dapat dengan :
- penarimaan apa adanya anak kita
- pelukan, ciuman, usapan, kata dll

2. Memahami tahapan perkembangan anak.
Kita hrs paham betul dengan tahap2an perkembangan anak & gaulilah anak kita sesui dengan usia & tahap perkembangnya, jgn sampai kita terburu2 ingin anak kita cerdas instan bisa menulis,membaca, berhitung dll, padahal padahal belum saatnya.
( Bunda fahma pun menjabarkan secara detail tahap2 perkebangannya, beserta contoh2nya )

3. Kontak Mata
Setiap apa yang ingin kita sampaikan pada anak, lakukanlah dengan adanya kontak mata, agar apa yg kita sampaikan dapat di terima dengan baik oleh anak.

4. Komuniukasi
Pilihlah komunikasi yang mudah di mengerti anak, tidak panjang dan lebar, harus lebih spesifik, mudah di mengerti dan pendek.

5. Stimulasi Perkembangan
Dalam stimulasi perkembangan tidaklah hrs dengan alat2 tertentu/media2 khusus pembelajaran, tapi dapt dilakukan dengan alat2 yg ada di sekitar kita dan dengan kegiatan2 keseharian dikreasikan menjadi suatu kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan anak .
Bunda Fahma pun menampilkan “57 permainan kreatif untuk mencerdaskan anak “ dalam bentuk video,

Subhanallaah..ternyata kita tak perlu beli maian mahal2 atau perlengkapan yang cangih2 untuk merangsang kecerdasan anak kita, tapi cukup dengan permainan2 kreatif tersebut.

Ada 7 hal yg perlu kita stimulasi: Prilaku, Psikomotor (Motorik kasar&halus), emosi, bahasa, sosialisasi, kognitif dan konsentrasi.

Sebenarnya banyak hal yang disampaikan oleh Bunda Fahma, tp sy paling tertarik dengan Lima poin ini karena kelima poin ini yang harus di kuasai oleh TSABITHA Day Care,
Dan trima kasih pada bunda Fahma yg telah menghadiahkan saya Video..57 permainan kreatif..yang insyAllah akan kita praktekan di TSABITHA Day Care.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar